Kulitku Kering atau Dehidrasi ya? Yuk Ketahui Cara Membedakannya


Beberapa dari Beauties mungkin ada yang belum tahu kalau kulit kering dan dehidrasi itu berbeda. Kulit Kering sendiri merupakan salah satu jenis kulit, sedangkan kulit dehidrasi merupakan suatu masalah kulit karena tubuh kekurangan cairan.


Kulit Kering VS Kulit Dehidrasi


Ciri-ciri kulit kering biasanya agak keriput, bahkan terasa gatal, kemerahan, dan terdapat lapisan kulit mati berwarna putih seperti yang dapat Beauties lihat pada siku.


Salah satu penyebab kulit kering adalah berkurangnya produksi minyak pada kulit. Biasanya, ini terjadi secara genetik atau pada orang yang berusia 40 tahun ke atas seiring bertambahnya usia.


Sementara itu, ciri-ciri kulit dehidrasi adalah kulit terasa lebih kencang dan tidak kenyal. Kulit yang dehidrasi juga akan memperlihatkan pori-pori dengan jelas, tekstur yang kasar, berisisik, sehingga membentu serpihan kulit.


Kulit dehidrasi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang minum air mineral, reaksi tubuh akibat suhu panas atau dingin, kurang tidur, udara yang kering (kurang lembap), serta paparan sinar matahari.


Cara mudah membedakan kulit kering atau dehidrasi


Supaya Beauties lebih mudah membedakan kulit kering atau dehidrasi, yuk lakukan tes cubitan:


  • Cubit sedikit bagian dari pipi, perut, dada, atau punggung tangan, tahan selama beberapa detik.

  • Jika kulit kembali ke bentuk awalnya dengan cepat, berarti kulit Beauties tidak mengalami dehidrasi.

  • Sebaliknya, jika bentuk kulit baru kembali setelah beberapa detik, berarti kulit Anda mengalami dehidrasi.



Meskipun tidak memberikan hasil yang mutlak, namun tes ini mampu menunjukkan tanda-tanda umumnya.